Wednesday, October 24, 2012

Kenapa Air Laut Asin?

  Pantai Panjang Bengkulu,
Bweekk,, asinn..Itulah yang saya ucapkan ketika air laut masuk kemulut. ketika berenang pertama kali di Long Beach Bengkulu, atau disebut pantai panjang.  Pantai yang ramai pengunjung ini sangat disenangi para pengunjung, disamping lokasi yang strategis dan mudah dijangkau semua kalangan, tak heran kalau pantai ini rame setiap hari :] Setelah terminum sedikit akibat terhempas gulungan ombak yang bersahabat, aku langsung bilang,, bweekk assiin.. hihix..
Lantas dalam benak aku, kenapa ya laut seluas ini rasanya sama?? haha.. dasar aku yang oon..emang air laut itu kayak permen NANO-NANO "manis asam asin rasanya" :] 
Bayangin coba, jika itu danau , sebut saja danau Toba aja..yang diberi garam, berpa ribu ton garam yang mesti ditumpahi ke danau itu ?

Hmhmhm..kenapa ya air laut Asin ?

Jawab : Karena ikannya pada capek berenang, dan keringatan . Ditambah lagi urin(air seni) ikan paus yang banyak, membuat air laut sangat asin" wkwkwkwk.......

Nah mengapa air laut itu rasanya asin ?
Menurut sejarah, air laut itu terbentuk 4,4 milyar yang lalu, air laut tersebut awalnya berisfat asam lho dengan air yang bersuhu 100 °C. Nah, asamnya air ini akibat bumi yang dipenuhi dengan gas CO2 (karbon dioksida) . Dengan tinginya kadar asam tersebut, maka terjadi pula lah pelapukan. Hasil dari pelapukan tersebut menghasilakn garam-garam yang membuat air laut itu asin. Air hujan yang turun kebumi itu adalah siklus seperti ini 
menagap air laut asin 
Air berasal dari langit menuju bumi, setelah terjadinya penguapan oleh sinar matahari, maka air yang turun dari langit kebumi tadi akan menguap atau mengalami trasnpirasi  kembali keatmosfer/udara.   Dengan adanya penguapan akibat suhu yang dibumi oleh matahari, maka terbentuklah awan di langit , radiasi matahari akan tertutupi, dan terjadilah proses kondensasi, setelah tu turunlah yang namanya hujan . Nah air hujan yang turun tersebut, akan kembali keproses awal, begitu seterusnya.

Udah ngerti? Hehe,ni dosen  gue yang ngajarin dikampus :] Utuk lebih mudah untuk membayangkan skema terjadinya hujan, dan mengalir kelaut. ente simak yang ini .

Hujan turun=> Air meresap ke tanah, ke tanaman=>mengalir ke sungai => masuk ke danau/waduk => masuk  ke laut. 

Lalu 

Laut akan menguap [ehh..mengalami penguapan] => ke atmosfer=> terjadi awan=> hujan. lalu kembali pada posisi semula 
Dalam Proses perjalanan menuju ke laut,  air dari daratan juga membawa garam-garam mineral yang berasal dari  tanah, (makhluk hidup)  bebatuan di kerak bumi, sehinga laut dipenuhi garam-garam mineral. Suhu yang semakin tinggi akan meningkatkan kadar garam / tingkat keasinan laut. Hal ini mungkin terjadi karena penguapan yang cukup tinggi dan proses pengkristalan air laut yang cepat karena suhu yang panas. 
Cukup seikan dulu,, ehh sekian dulu ye postingan yang tak seberapa ini.
Semoga bermanfaat!



Kata mereka :

Itu dikarenakan banyaknya manusia yang mandi dilaut, jadi keringat dan daki dari para turis semuanya berkumpul dilaut makanya laut jadi asin, xixixi...

Artikel Terkait

Categories:

6 comments:

  1. penting banget ni posting..ijin save ya bang

    ReplyDelete
  2. . . upil ma aer laut sama gak ya rasanya?!? he..86x . .

    ReplyDelete
  3. @kang herman :) thank u kunjungan and komentnya kang
    @sigoblogx , boleh-boleh saja bang . silahkan :}
    @mbak vpie : betis mbak "beda tipis" wkwkw

    ReplyDelete
  4. Oh...gitu toh ceritanya...eh prosesnya....
    Pelajaran pas smp ma sma ada kan?
    Kok lupa semua ya???hehehe,... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya bunda :) ada dong bun, pelajaran smp dan sma itu ada , :)

      Delete

BY SUBMITTING A COMMENT YOU AGREE TO THE TERMS OF USE