Wednesday, December 5, 2012

Pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan tanaman

pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan tanaman
Faktor Yang Mempengaruhi PerkembanganDan Pertumbuhan Tumbuhan | Banyak faktor / penyebab yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan tumbuh-tumbuhan, tanaman, pohon,
dll. Apabila faktor tersebut kebutuhannya tidak terpenuhi maka tanaman tersebut bisa mengalami dormansi / dorman yaitu berhenti melakukan aktifitas hidup. Faktor pengaruh tersebut yakni :
-Faktor Suhu / Temperatur Lingkungan
Tinggi rendah suhu menjadi salah satu faktor yang menentukan tumbuh kembang, reproduksi dan juga kelangsungan hidup dari tanaman. Suhu yang baik bagi tumbuhan adalah antara 22 derajat celcius sampai dengan 37 derajad selsius. Temperatur yang lebih atau kurang dari batas normal tersebut dapat mengakibatkan pertumbuhan yang lambat atau berhenti.
-Faktor Kelembaban
Kadar air dalam udara dapat mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan tumbuhan. Tempat yang lembab menguntungkan bagi tumbuhan di mana tumbuhan dapat mendapatkan air lebih mudah serta berkurangnya penguapan yang akan berdampak pada pembentukan sel yang lebih cepat.
 -Faktor Cahaya Matahari
Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk dapat melakukan fotosintesis (khususnya tumbuhan hijau). Jika suatu tanaman kekurangan cahaya matahari, maka tanaman itu bisa tampak pucat dan warna tanaman itu kekuning-kuningan (etiolasi). Pada kecambah, justru sinar mentari dapat menghambat proses pertumbuhan.
Faktor Hormon
Hormon pada tumbuhan juga memegang peranan penting dalam proses perkembangan dan pertumbuhan seperti hormon auksin untuk membantu perpanjangan sel, hormon giberelin untuk pemanjangan dan pembelahan sel, hormon sitokinin untuk menggiatkan pembelahan sel dan hormon etilen untuk mempercepat buah menjadi matang. 
Faktor air
Air bermanfaat bagi makhluk hidup, sebagai pelarut bahan-bahan yang diserap dan sebagai pengantar dalam siklus yang ada dalam tubuh tanaman . Dan , air juga bermanfaat untuk penetral suhu atau menyeimbangkan penguapan.

Dmikianlah bahasan tentang hal-hal pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan tanaman  secara fisik/lingkungan . Masih banyak hal yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman lainnya, seperti pengaruh genetik dan lainya. Namun itu merupakan  bukan yang termasuk dalam pengaruh dari lingkungan .

Demikian, semoga bermanfaat !
Next Article : PENGERTIAN PERTANIAN ORGANIK

Artikel Terkait

Categories:

0 comments:

Post a Comment

BY SUBMITTING A COMMENT YOU AGREE TO THE TERMS OF USE